Investasi Emas Mini Murah Meriah, Tapi Sulit Dapat Cuan!

Petugas menunjukkan emas edisi imlek berupa gambar Kelinci di Butik Emas Antam, Setia Budi, Jakarta, Selasa (12/1/2023). Emas batangan edisi Imlek 2023 ini memiliki berat 8 gram dengan 99,99 persen emas murni dan dijual dengan harga Rp8,9 juta. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Investasi emas batangan ukuran mini memang menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki bujet investasi terbatas, akan tetapi patut diperhatikan bahwa emas mini sejatinya memiliki satu kekurangan yang harus Anda waspadai.

Selain berpotensi hilang jika tidak disimpan di tempat yang aman, harga emas mini juga mahal karena biaya produksinya.

Seperti diketahui, semakin besar ukuran emas yang Anda beli maka semakin murah harga per gramnya. Jadi, meski bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih rendah dari emas seberat 1 gram, hitungan per gram emas mini tentu akan lebih tinggi.

Selain soal harga, Anda pun harus memperhatikan spread atau selisih jual beli emas mini yang terbilang cukup besar dari emas ukuran 1 gram. Apakah benar demikian? Berikut pembahasannya.

Yakin sabar nunggu harga emas melambung di atas 34%?

Berdasarkan pantauan Tim Riset CNBC di situs EmasKITA, harga emas mini 0,1 gram per 28 Maret 2023 dibanderol Rp 156.602, sementara itu harga buyback-nya adalah Rp 102.760. Hal itu menunjukkan bahwa ada selisih sebesar Rp 53.842 antara harga beli dan buyback.

Lewat perhitungan ini, bisa dikatakan jika Anda berinvestasi rutin dengan membeli emas ukuran 0,1 gram, maka jika harga emas naik di atas 34% Anda baru akan balik modal, belum untung.

Jadi, untuk bisa menikmati keuntungan dari investasi emas, Anda harus berharap harga emas melambung hingga di atas 34% terlebih dulu.

Lantas apa kabarnya dengan emas 1 gram? Per 28 Maret 2023, harga beli emas Antam seberat 1 gram dibanderol Rp 1,062.861 dengan harga buyback-nya di Rp 980 ribu. Hal itu menunjukkan adanya selisih sebesar Rp 82.861 atau sebesar 7,7% dari harga beli.

Itu artinya harga emas naik sebesar 8% saja, Anda sudah bisa untung dari investasi ini.

Kesimpulannya adalah, makin besar ukuran emas yang Anda beli maka selain lebih murah, nilai selisih harga jual dan buyback-nya juga makin kecil.

Ketimbang berinvestasi membeli emas mini maka alangkah lebih baik bagi Anda membeli emas digital saja, lantaran selisihnya lebih kecil karena tidak ada biaya produksi. Namun tentunya Anda harus membeli di platform investasi yang berizin Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Lantas apa gunanya beli emas mini?

Bila Anda sudah terlanjur membelinya, jangan khawatir. Anda masih bisa menyimpannya untuk jangka panjang atau bisa saja menjadikannya untuk hadiah orang terdekat Anda.

Emas mini sejatinya bisa instrumen untuk belajar memulai investasi yang konsisten sambil menahan perilaku konsumtif. Ketimbang uang habis terpakai untuk hal-hal yang hanya bersifat keinginan, lebih baik membeli emas mini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*